Thursday, June 08, 2006

Berbagai Jenis Buku Elektronik

Para pembuat buku elektronik alias e-book punya kebebasan dalam membuat bukunya sesuai dengan format yang mereka inginkan. Jadi jangan heran jika di Internet kita bisa menemukan beragam jenis buku elektronik. Setiap format berbeda dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa format buku elektronik populer yang bisa kita temukan di Internet di antaranya adalah format HTML, dokumen, CHM, PDF, dan EXE.

Hypertext Markup Language

Buku elektronik yang berformat HTML biasanya memiliki ekstension .html atau .htm. Jenis buku elektronik ini memiliki ukuran file yang mungil, namun menyimpan banyak informasi dan mudah untuk disimpan. Format ini mudah dibuat dan cukup umum digunakan sebagai ekstensi buku elektronik. Sayangnya, format HTML sangat mudah untuk disalin –salah satu hal yang disukai oleh para pembajak.

Buku-buku elektronik berformat HTML banyak digunakan karena mendukung berbagai macam browser seperti Mozilla, Firefox, dan Internet Explorer. Jadi, kita tak perlu menginstal aplikasi khusus lainnya untuk bisa membacanya.

Dokumen

Format dokumen bisa dibilang setali tiga uang dengan format HTML. Banyak orang bahkan menganggap buku elektronik dengan format dokumen tidak ideal untuk disebut sebagai buku elektronik. Konten dari buku elektronik berformat dokumen mudah untuk disalin, sama seperti HTML. Belum lagi, format ini tidak dilengkapi dengan fitur bookmark link, dan tampilannya sangat cepat membuat mata lelah.

Bentuk paling banyak dari buku elektronik dengan format ini adalah yang berbentuk file teks (.txt) atau RTF (Rich Text Format), salah satu standar format dokumen keluaran Microsoft. Buku-buku elektronik berekstensi .txt bisa kita temui dengan mudah di perpustakaan online Internet.

Yang menguntungkan dari format ini adalah, siapa saja bisa membukanya di PC, yang sudah pasti dilengkapi dengan aplikasi pembaca dokumen. Jadi, pembaca buku elektronik berformat dokumen tak perlu menginstal aplikasi khusus lain untuk membacanya.

Compiled HTML Help File

Format ini, disingkat CHM, bisa dikatakan sebagai format favorit banyak pecinta buku elektronik. CHM, juga berekstensi .chm, merupakan jenis file turunan dari format HTML. CHM bisa dibilang setingkat lebih tinggi ketimbang format HTML biasa.

Perbedaannya dengan format HTML terutama terletak pada sistem penyimpanannya yang berupa single-file, sedangkan HTML bisa terdiri dari beberapa file yang di-link satu sama lain.

Yang menarik dari format ini adalah pengorganisasian setiap bab dari buku elektroniknya. Sama seperti konten buku elektronik berformat HTML, konten buku elektronik dengan format CHM pun bisa disalin menggunakan perintah Ctrl-C. Contoh buku elektronik berformat CHM bisa kita lihat pada menu Windows Help.

Portable File Document

Format PDF dianggap ebagai format buku elektronik yang paling aman, dan juga yang paling banyak digunakan untuk buku elektronik. Format ini diciptakan oleh Adobe System. Ada banyak aplikasi pembaca untuk jenis file buku elektronik ini, satu yang paling populer adalah aplikasi Adobe Acrobat Reader yang lebih sering disebut Adobe Reader.

Format ini, selain digunakan sebagai buku elektronik juga sering digunakan untuk menyimpan file-file manual produk atau flyer.

Exe

Buku elektronik berformat Exe (executable), sering juga disebut exebook, jarang ditemukan di Internet. File-file buku elektronik berekstensi .exe sangat bergantung pada aplikasi yang dibutuhkan untuk membacanya. Format ini, meskipun bisa dikatakan sangat secure, juga sekaligus bisa dikatakan berisiko.

Seperti yang kita tahu, format Exe banyak digunakan sebagai format penyimpanan file-file yang berpotensi jahat (malicious). Kebanyakan pencipta buku elektronik juga enggan menggunakan format ini sebagai format penyimpanan buku elektroniknya, begitu pula para pengunduh enggan mengambil sembarang file Exe dari Internet.

Exebook berbentuk compiler file yang jika dijalankan akan menampilkan sebuah buku elektronik di layar PC. Berhubung teksnya telah dienkripsi, kita tak bisa menyalin teks atau mengambil gambar yang terdapat pada buku elektronik jenis ini.

Format Buku Elektronik Lainnya

Selain kelima format populer tersebut, masih ada beberapa format buku elektronik lainnya. Format tersebut di antaranya berupa image dan PostScript.

Buku-buku elektronik yang berbentuk image biasanya terdiri dari beberapa file gambar, satu gambar untuk setiap halamannya. Format ini kurang disukai karena pembacanya ridak bisa memilih teks untuk disalinnya. Buku-buku elektronik berformat image lebih cocok untuk digunakan untuk buku-buku komik dan atau yang bernuansa seni –jenis buku-buku yang lebih banyak mengungkapkan segi visual.

PostScript disimpan dalam bentuk file berekstensi .ps. PostScript atau disebut juga sebagai page description language biasanya digunakan sebagai catatan singkat yang berisi konten dari satu halaman buku.
Selain itu, masih ada format lain seperti XML (Extensible Markup Language), SGML (Standard Generalized Markup Language), dan TeX yang lebih populer di dunia pendidikan.

(Restituta Ajeng Arjanti, PCplus, Februari 2006)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home