Thursday, June 08, 2006

Seputar Buku Elektronik

Bagi orang-orang yang hobi belajar, Internet bisa menjadi gudang ilmu pengetahuan. Di sana, kita bisa memperoleh banyak bacaan gratis dengan beragam format. Bahkan buku elektronik alias e-book pun bisa diunduh di sana.

Kita hidup di era informasi. Ribuan bahkan jutaan informasi mengenai beragam topik bisa kita peroleh dengan mudah, di Internet. Dan dengan makin besarnya teknologi komunikasi dan penyimpanan data, makin besar pula jumlah pengakses Internet dunia. Internet menjadi tempat pertukaran informasi di mana banyak orang menyimpan tulisan-tulisan dan pengetahuan mereka dalam bentuk buku elektronik di sana. Banyak orang bisa mengaksesnya, baik yang gratisan maupun yang shareware (tak lengkap).

Perpustakaan Raksasa

Internet bisa dibayangkan sebagai perpustakaan raksasa yang menyimpan banyak buku-buku berformat digital. Tak semua buku elektronik yang ada di Internet bisa kita dapatkan dengan gratis, kebanyakan malah mengharuskan kita membelinya untuk mendapatkan nomor serial untuk membukanya. Jika teliti berselancar di Internet, kita bisa menemukan banyak buku-buku elektronik yang bagus –tak hanya buku mengenai hal-hal teknis, tapi juga novel-novel atau artikel-artikel yang menarik.

Nilai Lebih

Ada banyak nilai plus yang ditawarkan oleh buku elektronik. Dilihat dari harga, harga buku elektronik bisa jadi lebih murah dari harga buku biasa, belum lagi jika kita bisa menemukan banyak buku gratis di Internet.

Buku elektronik juga mudah untuk diperoleh. Hanya dengan melakukan browsing dengan kata kunci yang tepat, sederet link situs yang menawarkan kemungkinan buku yang tepat akan disuguhkan oleh browser.

Ukuran buku elektronik juga terbilang mungil, mengingat konten yang tersimpan di dalamnya bisa berjumlah sangat banyak. Kira-kira 500 file buku elektronik bisa disimpan dalam satu keping CD –lebih praktis daripada buku yang berukuran besar dan tebal.

Selain itu, buku elektronik yang merupakan file berbentuk digital memungkinkan kita melakukan zooming atas kontennya, memperbesar atau memperkecil tampilan huruf-uruf dan karakternya. File digital ini juga sangat membantu pembaca buku yang mobile, yang selalu menjinjing PDA atau notebook-nya ke mana pun ia pergi.

Selain itu, buku elektronik juga mudah untuk disimpan –bisa disimpan dalam harddisk atau media penyimpanan portabel lainnya. Jika ingin, kita juga bisa meng-upload-nya untuk disimpan dalam situs pribadi di Internet.

Nilai Minus

Dibandingkan dengan buku biasa, buku elektronik mungkin terbilang lebih simpel dan praktis, apalagi bagia orang-orang yang banyak berkutat dengan komputernya. Meski begitu, masih ada beberapa pertimbangan lain yang mempengaruhi kesukaan orang untuk menggunakan buku berformat digital tersebut.

Beberapa format buku elektronik membutuhkan peranti lunak khusus untuk membacanya. Tapi hal tersebut bukan masalah yang besar mengingat sekarang pun sudah banyak aplikasi-aplikasi murah, bahkan gratisan, yang bisa kita peroleh untuk mendukung hobi membaca kita di PC atau perangkat genggam.

Risiko kehilangan data dari buku elektronik juga selalu ada, sama seperti buku biasa, terutama jika media penyimpanannya hilang atau rusak. Selain itu, membaca buku pada layar PC atau perangkat genggam membuat mata lebih cepat lelah daripada membaca buku biasa.

Keterbatasan bahasa juga menjadi hal yang patut dipertimbangkan mengingat sangat sedikit buku elektronik berbahasa Indonesia yang bisa kita peroleh di etalase perpustakaan online kita sebab hampir semua buku digital ditulis dalam bahasa asing.

Pembaca Buku elektronik untuk Perangkat Genggam

Buku elektronik tak hanya bisa dibaca di PC, tapi juga di perangkat genggam seperti PDA dan ponsel berbasis Palm OS, Pocket PC, Symbian OS. Untuk membaca buku-buku elektronik tersebut pada perangkat genggam, kita masih harus menginstal peranti pembaca khusus seperti CHM Reader, Adobe Reader for PPC, eReader, dan MobiPocket.
EReader adalah program untuk membaca buku elektronik pada Palm (untuk format buku Palm Digital Media yang berekstensi .pdb).

Mobipocket Reader menawarkan fitur yang lebih banyak ketimbang eReader. Ia dilengkapi dengan fitur homepage library dan fitur bookmark elektronik. Aplikasi ini bisa dipakai untuk menambahkan halaman-halaman kosong di beberapa bagian buku. Buku elektronik yang dibaca menggunakan aplikasi Mobipocket berbasis pada sistem terbuka yang menggunakan teknologi XHTML dan JavaScript.

Isu Seputar Buku Elektronik

Meski begitu, Internet juga banyak dikunjungi dan dijejali oleh orang-orang pintar. Mereka bisa saja memasukkan atau mencari crack dari nomor serial buku elektronik tertentu, sama seperti pada program-program berlisensi lainnya.

Isu penting seputar dunia buku digital ini, salah satunya adalah mengenai kemampuan baca dan kemudahannya untuk dibajak. Karena dua hal tersebutlah maka buku elektronik dibuat dalam berbagai macam format yang beberapa di antaranya membutuhkan peranti khusus untuk membacanya.

(Restituta Ajeng Arjanti, PCPlus, Februari 2006)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home