Wednesday, June 07, 2006

Live!: Digital Home Entertainment Versi AMD

Advanced Micro Devices, sering disingkat AMD, memang dikenal sebagai pesaing utama Intel di bidang teknologi chipset dan mikroprosesor. Jika Intel menggaungkan nama Viiv sebagai basis produk PC entertainment-nya, AMD pun tak mau kalah dengan memromosikan Live! sebagai basis PC hiburannya.

Berkenalan dengan Live!

Di awal tahun 2006, AMD telah mengumumkan merek Live! di ajang Consumer Electronics Show, di Las Vegas. Merek tersebut, sama seperti merek Viiv milik Intel, diperuntukkan bagi perangkat-perangkat komputer berbasis entertainment.

Visi AMD untuk mengaplikasikan hiburan rumah digital ke dalam format PC dituangkan ke dalam Live!, merek perangkat komputer miliknya yang full fitur multimedia. Tak hanya pada perangkat desktop, Live! juga bakal diadopsi ke dalam notebook.

Konsep dasar Live! bisa dikatakan sama dengan Viiv milik Intel –sama-sama menawarkan pengguna untuk memperluas fungsi PC mereka dengan fungsi multimedia. Dengan PC Live!, pengguna bisa mengakses dan melakukan streaming musik dari Internet, melihat dan berbagi foto melalui perangkat televisi LCD, merekam acara hiburan televisi, musik, dan video, lalu membakarnya ke dalam CD atau DVD. PenggunaLive! Juga bisa mengirimkan konten-konten tersebut ke dalam perangkat lain seperti notebook, PDA, dan perangkat-perangkat musik portabel.

Sejarah Live!

Pertama kali dicetuskan pada tahun 2004, AMD Live! sebenarnya sudah dipromosikan dan digunakan dalam pengembangan berbagai film top dan industri musik. Teknologi Live! yang digunakan saat itu adalah teknologi AMD64 yang sebenarnya merupakan akar dari AMD Live!.

Awalnya, AMD64 dikembangkan dengan sasaran target komunitas profesional kreatif (seni). Bekerja sama dengan komunitas seni dan hiburan tersebut, AMD kemudian mengembangkan teknologinya dan memperkenalkan merek Live! sebagai standar digital entertainment-nya bagi pecinta hiburan PC.

AMD berharap merek Live! akan bisa menjadi generasi berikutnya dari PC-PC berbasis Windows Media. Teknologi Live! mengusung prosesor Athlon 64 X2 dual-core untuk PC desktop, dan prosesor mobile AMD dual-core untuk PC notebook. AMD sendiri memilih untuk merilis Live! dengan dukungan sistem operasi Microsoft Windows XP Media Center Edition 2005, dan nantinya dengan Windows Vista pada saat sistem tersebut telah dirilis.

Strategi Melawan Viiv

Pengumuman rilis Live! bukan sama sekali tak berhubungan dengan debut Viiv yang dilakukan oleh Intel, mengingat kedua perusahaan besar ini adalah rival dalam industri teknologi chipset dan mikroprosesor. Dari nama pun terlihat persaingan mereka. AMD memberikan nama Live! yang berlafal yang sama dengan Viiv (dibaca seperti Five).

Sama dengan Viiv, Live! pun dilengkapi dengan fitur konektivitas jaringan untuk berkomunikasi dengan perangkat-perangkat consumer electronic lain seperti TV, konsol game, dan pemutar DVD.

Dalam berita pers yang dirilisnya awal Januari 2006, AMD menyebut Live! sebagai salah satu inovasinya untuk mendekatkan diri dengan konsumen. Live! juga menawarkan kemampuan akses menuju konten media digital melalui PC rumahan. Intinya, dengan Live! AMD ingin mengubah gaya konsumen dalam menikmati hiburan digital di rumahnya, atau saat mereka bepergian dengan notebook mereka.

Live! memang diposisikan sebagai kompetitor Viiv. Intel membawa nama Viiv untuk memperluas portfolionya di bidang teknologi hiburan, dengan misi membawa fungsi home entertainment dalam mesin komputer –begitu juga AMD dengan Live!. PC-PC berbasis Viiv diujikan kompatibilitasnya dengan berbagai teknologi hiburan lainnya, seperti layanan download dan pemutar musik digital –begitu juga PC-PC Live! milik AMD.

Ada beberapa level hiburan yang ditawarkan AMD bagi para pengguna Live!. Ramainya bisnis konten digital, diakui oleh AMD, ikut melatarbelakangi pengembangan teknologi media digital. Konsumen mencari cara yang cepat dan mudah untuk mengakses beragam konten yang mereka inginkan. Karena itu, demi merilis Live!, AMD bekerja sama dengan para penyedia konten untuk menyuguhkan akses media digital melalui aplikasi yang unik, interaktif, dan bisa dikostumasi.

Konsep komputer bertema hiburan digital sangat menarik dan banyak diminati oleh para pengembang dan pengguna teknologi. Sebagai informasi, Viiv dan Live! bukanlah teknologi yang terpisah dari teknologi home entertainment. Keduanya merupakan platform di dunia hiburan digital yang berbasis pada teknologi dual-core processing. Live! dan Viiv menuntut dukungan peranti lunak yang kompatibel dengan sistem hardware mereka.

PC-PC berbasis Viiv sudah bisa ditemukan di pasaran sejak kuarter pertama tahun 2006, sedangkan PC-PC Live! baru akan keluar pada pertengahan tahun 2006. Secara keseluruhan, meskipun Intel dan AMD telah menetapkan spesifikasi minimum untuk platform PC hiburan digital mereka, PC-PC berbasis Viiv dan Live! tetap akan hadir di pasar dengan tuntutan spesifikasi yang lebih tinggi. Jadi, bisa dipastikam hanya orang-orang dengan budget yang tinggilah yang akan mengincar perangkat PC hiburan tersebut.

Spesifikasi AMD Live!

Supaya PC Anda kompatibel dengan platform AMD Live!, berikut spesifikasi komponen-komponen yang harus Anda miliki.

CPU Athlon 64 X2 atau Athlon 64 FX dual-core
Motherboard Socket AM2 atau 939
Sistem Operasi Windows XP Media Center Edition atau Windows Vista Premium
Audio 5.1 high definition audio dengan SPDIF output
Jaringan Gigabit Ethernet atau wireless 802.11b/g (opsional)
Harddisk SATA (direkomendasikan teknologi NCQ). Dua harddisk SATA
dengan basis RAID pada Athlon 64 FX
Memori Minimal 1GB DDR2 667/800MHz
Port Minimal enam port USB 2.0 dan port Firewire (IEEE 1394)
Video Output VGA, DVI atau HDMI dengan HDCP (opsional)
Unit optikal DVD±RW
Power supply High efficiency dengan kipas yang low rotation

Wireless keyboard dan mouse
Kartu TV tuner dan remote control (opsional)

(Restituta Ajeng Arjanti, PCplus, Juni 2004)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home