Wednesday, April 26, 2006

Windows XP di Dalam Mac

Di awal April, Apple Computer baru merilis peranti lunak versi beta yang memungkinkan para pengguna Mac beroperasi dalam lingkungan sistem opaersi Windows XP pada perangkat komputer Mac yang berbasis Intel.

Peranti tersebut, dinamai Boot Camp, menciptakan sebuah partisi harddisk untuk XP dan membiarkan para pengguna Mac untuk memilih salah satu dari dua sistem operasi pada waktu start-up. Versi beta untuk peranti tersebut tersedia untuk periode waktu tertentu dan akan ditambah dengan fitur baru lainnnya pada saat Mac OS yang baru dirilis.

Menurut Phil Schiller, wakil presiden senior dari divisi pemasaran produk global Apple, tadinya Apple tidak berencana untuk menjual atau mendukung produk Windows pada perangkatnya, tapi ada banyak permintaan dari para pengguna yang menginginkan Apple mendukung Windows.

Apple berpendapat bahwa Boot Camp akan membuat Mac semakin menarik bagi para pengguna Windows. Siapa tahu para pengguna PC berbasis Windows akan beralih ke Mac? Saat ini, versi beta dari peranti Boot Camp, berukuran 83MB, bisa diunduh secara gratis di situs Apple. Untuk bisa menggunakannya, pengguna harus memiliki sistem Mac OS X Tiger versi 10.4.6 yang dilengkapi dengan prosesor berbasis Intel, ruang harddisk sebesar 10GB, sebuah CD kosong, serta disc instalasi Microsoft Windows XP Service Pack 2 (bisa Home atau Professional Edition).

Boot Camp akan membakar CD dengan semua driver yang sesuai dengan spesifikasi Mac untuk Windows. Dengannya, pengguna bisa menciptakan partisi pada harddisk dan menginstal kontrol panel Startup Disk untuk Windows. Pengguna nantinya bisa memilih sistem operasi yang akan digunakannya.

Pada mode Windows XP, pengguna bisa melihat file-file yang mendukung Mac. Begitu juga sebaliknya, pada mode Mac OS X, pengguna juga bisa membaca dan menulis file-file yang didukung oleh Windows dalam format FAT32. Tetapi pada mode tersebut, pengguna hanya bisa membaca format NTFS saja.

(Restituta Ajeng Arjanti, April 2006)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home