Wednesday, June 07, 2006

Viiv: Merek Digital Home Entertainment Intel

Intel sudah dikenal sebagai perusahaan chip nomor satu dunia. Sejak tahun lalu, melalui beberapa ajang Intel Developer Forum, Intel secara khusus telah memperkenalkan brand baru untuk produk prosesor digital home entertainment-nya. Namanya Viiv.

Berkenalan dengan Viiv

Sejak dulu, integrasi hiburan dan teknologi tampaknya menjadi tujuan yang ingin diwujudkan oleh banyak perusahaan teknologi. Mereka mencari cara untuk menghadirkan film dan konten-konten yang menarik ke dalam desktop atau notebook.

Wacana Intel untuk membuat PC masa depan tak lagi sekadar wacana. Dengan memperkenalkan Viiv di muka publik, Intel membuktikan keseriusannya menyambangi dunia entertainment.

Dulu mungkin Anda hanya bisa membayangkan bisa menyalakan atau mematikan PC dari jarak jauh, tapi sekarang, dengan adanya teknologi HTPC, Anda bisa mengontrol PC Anda dari jarak jauh menggunakan akses nirkabel. Segala sesuatunya bisa Anda atur dengan remote control yang Anda genggam –seperti mengatur seting PC, mengakses tombol-tombol navigasi pada PC.

Yang terpenting dari semua itu, untuk mewujudkan kecangihan tersebut, Anda tidak membutuhkan sistem serta budget yang sama besar dengan sebuah home theater.

Merek Viiv sudah diperkenalkan sejak tahun lalu di berbagai ajang Intel Developer Forum (IDF). Don MacDonald, Vice President dan General Manager Digital Home Group Intel Coorporation, pernah mengatakan bahwa Viiv akan menjadi identitas atau standar bagi perangkat-perangkat digital home milik Intel –sama seperti merek Centrino yang menjadi standar untuk perangkat-perangkat mobile berbasis Wi-Fi.

Viiv dipromoskan Intel sebagai kombinasi dari perangkat keras dan peranti lunak yang bisa mengombinasikan fungsi-fungsi perangkat home entertainment seperti televisi, pemutar DVD, dan perekam video (VCR).

Untuk berbagai platform-nya yang berorientasi hiburan, yang mulai dirilis tahun 2006, Intel akan menggunakan teknologi dual-core processing pada prosesor Intel Pentium D yang mengusung chipset 945 Express Chipset Family dan prosesor Intel Pentium Extreme Edition yang mengusung chipset Intel 955x. Kedua prosesor tersebut mendukung audio suara surround, high definition video, dan akses multiple-users.

Untuk konektivitas, pada awalnya Viiv akan menggunakan koneksi homeplug dan Ethernet. Tapi, itu pun akan tergantung pada klien Intel yang lain. Artinya, ada kemungkinan konektivitas Viiv akan dikembangkan supaya mendukung Bluetooth. Yang penting, perangkat tersebut dibuat dengan mengutamakan kemudahan bagi para penggunanya.

Target Awal: Gamer dan Pengguna Konten

Teknologi masa kini bisa dikatakan sudah lebih dewasa. Didukung dengan makin meluasnya implementasi broadband dan WiMax, Intel berencana untuk merilis Viiv dengan target awal para gamer dan pecinta hiburan. Tentunya implementasi Viiv bakal lebih maksimal jika didukung akses Internet dengan bandwith yang besar, plus layanan penyedia konten yang baik.

Di sisi konten, PC-PC berbasis Viiv yang telah dirilis sudah menampilkan berbagai link ke perusahaan konten seperti MTV, ESPN, dan AOL pada antarmuka Windows Media Center-nya. Meski begitu, banyak pula PC-PC non-Viiv yang juga membawa antarmuka serupa dengan PC-PC Viiv.

Fitur-fitur Viiv

PC-PC berbasis Viiv menawarkan fitur hiburan bagi para penggunanya. Sama dengan produk consumer electronic lainnya, PC-PC berteknologi Viiv menawarkan fitur hiburan sederhana, namun canggih.

Teknologi Viiv merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Intel untuk memperluas pasar PC rumahannya. Perangkat berbasis Viiv akan mengusung prosesor-prosesor kelas atas Intel, sistem operasi Windows Media Center Edition, dan teknologi-teknologi pendukung lainnya seperti perekam video digital dan perangkat TV tuner.

Sebenarnya hiburan yang bisa ditemui dalam PC-PC Viiv juga bisa ditemukan pada kebanyakan PC, namun pada PC biasa, hiburan-hiburan tersebut belum bisa disebut sebagai jantung dari sistemnya.

Teknologi Viiv dilandasi oleh teknologi prosesor dual-core yang memungkinan komputer menjalankan beberapa proses sekaligus, seperti menjalankan fungsi video playback sambil melakukan proses lain seperti membakar CD dan melakukan pemindaian sistem dari spyware. Inti tersebut digabungkan dengan chipset-chipset media digital lain keluaran Intel yang dibuat untuk mendukung faktor-faktor digital lain seperti efek suara surround dan teknologi jaringan.

Keberadaan PC Viiv

Saat ini, sudah banyak manufaktur yang bekerja sama dengan Intel untuk membangun PC-PC berbasis Viiv. Beberapa vendor yang sudah mengeluarkan PC-PC berbasis Viiv di antaranya adalah AOpen, Enlight, ECS, Gigabyte, dan Chenbro. Banyak dari PC-PC tersebut dipamerkan di ajang Intel Developer Forum di Taipei, Taiwan, pertengahan April 2006.

Perangkat-perangkat PC berlabel Viiv akan ditawarkan ke berbagai negara, dan setiap PC akan menawarkan setidaknya satu dari layanan-layanan film, musik, serta game dan layanan foto online.

Target PC Masa Depan: Tetap, Akses Hiburan dan Informasi

Yang namanya hiburan tentunya tak boleh lepas dari industri film, televisi, musik, game, dan fotografi. Apakah PC-PC berorientasi hiburan bisa mendukung itu semua? Jawabnya, seharusnya iya.

Beginilah misi yang ingin dibawa oleh PC-PC masa depan: menawarkan teknologi tinggi yang mudah diakses, bisa secara langsung atau secara nirkabel dari jarak jauh, menawarkan hiburan yang menyenangkan, dan menawarkan informasi yang kaya topik.

Dengan home theater PC, Anda bisa mengunduh film-film dan merekam acara televisi kesayangannya. Teknologi ini ikut membuka akses menuju dunia hiburan musik, video, dan gaming. Bahkan Anda pun bisa berkaraoke lewat PC.

(Restituta Ajeng Arjanti, PCplus, Juni 2006)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home