Sunday, October 15, 2006

Belanja Laptop Buat Mudik Lebaran

Lebaran sudah di depan mata. Rencana mudik sudah dirancang. Apa saja barang yang harus dibawa? Kaum techie umumnya enggan untuk meninggalkan teknologi, bahkan di saat berlebaran. Mereka tak bisa hidup tanpa teknologi!

Gadget seperti ponsel, serta kamera dan pemutar musik digital memang tiga barang yang wajib untuk dibawa saat berliburan. Internet masih bisa diakses di warnet atau melalui layanan jaringan GSM/GPRS pada ponsel. Tapi komputer? Ah, buat apa repot? Kan bisa bawa laptop.

Laptop Turun Harga

Gaya hidup digital membuat orang bergantung pada komputer. Karena itulah, banyak pemudik yang memasukkan laptop dalam daftar barang wajib untuk dibawa pulang kampung.

Jangan kira laptop masih jadi barang konsumsi orang-orang berkocek tebal. Sekarang, ada banyak kelas laptop, mulai dari yang low-end sampai yang high-end. Komputer lipat yang mengusung prosesor Intel Pentium M di kelas Centrino, misalnya.

Tiga tahun lalu, saat teknologi Centrino masih hangat di pasaran, laptop-laptop yang mengusung prosesor Pentium M masih ditempatkan di rak khusus barang mahal. Tapi sekarang, seiring dengan perkembangan teknologi, laptop Centrino pun makin terjangkau.

Laptop Centrino berbasis Intel Pentium M yang dulu, di awal-awal kemunculannya, dilego di pasaran dengan harga belasan juta, sekarang sudah bisa dibeli dengan harga di bawah sepuluh juta. Sekarang, dengan dana delapan jutaan, Anda sudah bisa memiliki laptop yang mumpuni, yang dibundel dengan prosesor Intel Pentium M 1,6GHz. Harga itu sudah termasuk dengan sistem operasi Windows XP Home Edition. Untuk laptop dengan spesifikasi tanpa OS, atau yang menggunakan sistem Linux, Anda hanya perlu merogoh 6 hingga 7 uta rupiah dari kantor.

Dari hasil pantauan PCplus di pasaran, dengan kisaran harga tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan laptop Centrino berlayar lebar (widescreen) 14 inci yang dibundel dengan memori 256MB DDR, harddisk 40GB, serta fitur konektivitas infrared, Bluetooth, dan akses nirkabel 802.11b/g yang terintegrasi untuk mengakses Internet di hotspot.

Core 2 Duo yang Menggeser Pentium M

Kemunculan anggota baru di keluarga prosesor mobile Intel, prosesor Intel Core 2 Duo yang berbasis pada arsitektur mikro Intel Core, mau tak mau menggeser posisi laptop berbasis Pentium M di pasaran. Dengan rilis prosesor mobile Core 2 Duo ini, teknologi komputer jinjing kian melaju.

Diklaim oleh Intel bahwa kecepatan prosesor mobile Intel Core 2 Duo adalah di atas prosesor Pentium M berbasis single core dengan kecepatan tertinggi sekalipun. Ditambah dengan kelebihannya di bidang konsumsi daya (irit), Core 2 Duo saat kini ditempatkan pada level high-end pasar laptop, menggeser laptop berprosesor Pentium M.

Sebagai informasi, prosesor mobile Intel Core 2 Duo merupakan upgrade dari teknologi mobile Centrino Duo. Intel Pentium M pun termasuk dalam kelas prosesor Centrino, sama dengan Intel Core Duo dan Intel Core 2 Duo. Yang membedakan mereka adalah chipset yang melengkapi mereka.

Jadi, apa Anda ingin membeli laptop? Mumpung harga laptop makin ramah, dan momennya tepat dengan tanggal terima THR, buruan berburu laptop!

Memilih Laptop

Sebelum pergi ke pasar elektronik untuk membeli laptop, pastikan Anda tahu apa saja yang harus dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih laptop.

1. Makin tinggi spesifikasi sistem dari laptop, makin tinggi pula harganya. Jika Anda hanya membutuhkan laptop untuk melakukan pengetikan, Anda tak perlu mencari laptop dengan spesifikasi tinggi. Laptop standar yang ada di pasaran umumnya mengusung harddisk berkapasitas 40GB dan RAM 256. Biasanya, penjual menawarkan bonus upgrade memori hingga 512MB.

2. Perhatikan fitur konektivitas yang diusung oleh laptop. Jika Anda adalah orang dengan tingkat mobilitas tinggi, pastikan laptop yang Anda beli sudah terintegrasi dengan standar nirkabel 802.11b/g.

3. Laptop-laptop kelas menengah utamanya sudah dilengkapi dengan drive optik DVD/CD-RW Combo.

4. Jangan lupa menilik fitur lain yang diusung oleh laptop. Jika perlu, buatlah perbandingan spesifikasi, fitur, dan harga antarmerek.
(RAA, PCplus, Okt 2006)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home