Wednesday, January 16, 2008

Melacak Jejak Pengunjung Blog

Jumlah pengunjung blog bisa diketahui lewat sitemeter yang dipasang di blog. Tapi, ada cara lain yang lebih oke untuk melacak jejak para pengunjung blog—bukan hanya jumlahnya, tapi juga lokasi, jaringan, juga browser yang mereka gunakan.

Tahukah Anda? Sekarang Anda juga bisa melacak informasi lengkap mengenai siapa saja yang sudah mampir dan mengklik halaman-halaman blog Anda. Daftarkan saja diri Anda ke layanan Google Analytics.

Membuat Akun Google Analytics

Untuk masuk ke layanan analisa milik Google ini, Anda bisa mengakses www.google.com/analytics. Jika Anda sudah memiliki akun Google, Anda bisa langsung mengisi username dan password Anda. Jika belum, Anda harus mendaftarkan diri di Google terlebih dulu.

Kami asumsikan Anda telah memiliki akun Google. Sebagai informasi, dalam percobaan ini, PCplus menggunakan akun blog di Blogger. Untuk mendaftarkan blog Anda ke Google Analytics, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka www.google.com/analytics. Isikan alamat email dan password Google Anda dalam boks yang tersedia.

2. Halaman baru akan terbuka. Klik [Sign Up >>] pada boks Sign Up for Google Analytics.

3. Pada halaman General Information, isikan URL situs web atau blog Anda, nama akun, serta zona waktu dan wilayah yang diinginkan. Setelah itu, klik [Continue >>].

4. Di halaman Contact Information, Anda diminta untuk mengisi nama belakang, nama depan, nomor telepon, dan negara Anda. Setelah itu, klik [Continue >>].

5. Halaman Accept User Agreement akan terbuka. Beri tanda centang pada kotak di bawah boks Google Analytics Terms of Service, lalu klik opsi [Create New Account].

6. Anda akan digiring ke halaman Add Tracking. Di situ, Anda akan diberikan beberapa baris kode yang harus disisipkan ke dalam skrip template blog Anda. Anda bisa memilih seluruh skrip itu (untuk di-copy dan paste) dengan mengklik bagian dalam boks.

7. Masuklah ke akun Blogger Anda, dan buka halaman Template. Paste barisan kode yang dari Google Analytics tadi ke dalam skrip blog, yaitu sebelum baris tag . Jika sudah selesai, klik [Simpan Perubahan Template].

8. Setelah melakukan perubahan pada skrip template blog, Anda bisa kembali ke halaman Add Tracking di Google Analytics, lalu mengklik [Continue]. Secara default, Anda akan aktif di halaman Analytics Setting. Untuk mengecek status tracking—apakah sudah aktif atau belum—Anda bisa mengklik [Check Status].

9. Jika baris kode tadi telah sukses terinstal dalam skrip blog Anda, Anda akan diberikan informasi mengenainya. Anda bisa mengklik [Finish].

Menggunakan Google Analytics

Anda sudah punya akun Google Analytics. Jadi, tiap kali Anda login ke sana, Anda akan digiring masuk ke halaman dashboard. Di bagian kiri halaman utama, Anda bisa melihat navigasi halaman-halaman lain, yaitu visitors, traffic services, content, dan goals.
Dengan mengklik [Visitors], Anda bisa melihat informasi lokasi para pengunjung, loyalitas kunjungan mereka, koneksi jaringan, juga browser dan jaringan yang mereka gunakan untuk mengakses blog Anda.

Di halaman [Traffic Sources], Anda bisa melihat berapa jumlah pengunjung yang langsung masuk ke blog Anda, dan berapa yang mampir karena referensi dari blog atau situs lain. Anda juga bisa tahu berapa jumlah pengunjung yang tahu alamat blog Anda dari search engine, beserta keyword yang mereka gunakan.

Dengan mengklik opsi [Content], Anda bisa mengetahui halaman mana dari situs atau blog Anda yang paling banyak dibaca pengunjung.

Bisa dibilang, layanan ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang tertarik untuk berbisnis online atau yang ingin menganalisa performa situs atau blog mereka. Sebagai informasi, Google memperbolehkan pemilik akun Analytics untuk mendaftarkan sebanyak apapun alamat situs mereka, asalkan jumlah maksimal halaman yang diklik dari blog mereka adalah 5 juta per bulan.
Anda ingin melacak jejak pengunjung situs atau blog Anda? Buruan daftar layanan Google Analytics.

(Restituta Ajeng Arjanti, PCplus #294, Oktober 2007)

9 Comments:

Blogger mustafa said...

saya mustafa dari aceh saya baru mulai buat blogger...jadi saya mau link blok anda ke blogs saya boleh ya...salam kenal

8:29 PM  
Blogger GUGUN in "LAIN DUNIA" said...

makasih ya atas infonya.patut di coba ma saya..

7:30 PM  
Blogger Restituta Arjanti said...

@mustafa: boleh mas, kalo mau ngelink blog ini ke blog Anda.

@lain dunia: monggo, silakan dicoba

9:31 AM  
Blogger anak terminal said...

makasih atas infonya .Jgn lupa mampir ya

3:05 AM  
Blogger erwin said...

thanks infonya bro. langsung di coba aja..hehe
salam knal

5:57 AM  
Blogger MTSN 1 LABUHANBATU said...

thanks ya bro

11:49 PM  
Blogger Ridpop Memang Guru Top said...

wiiihh... berharga sekali informasinya. terima kasih coretannya... semoga tidak dicoret.
langsung dicoba nich

5:20 PM  
Blogger Unknown said...

Ilmu yang bermanfaat, saya mau praktekin ah...makasih mas...salam kenal.

12:37 PM  
Blogger Bons said...

langsung saya coba ... :D

11:55 PM  

Post a Comment

<< Home