Sunday, August 21, 2005

Sejarah Virus, Dari Lab Sampai ke Worldwide

Virus pada komputer bisa dibayangkan seperti virus yang menyerang tubuh manusia. Virus penyakit masuk ke dalam tubuh manusia yang kondisinya kurang fit, virus komputer pun masuk ke dalam mesin yang kondisinya kurang fit alias punya celah di mana-mana. Seiring perkembangan jaman, ilmu pengetahuan dan teknologi bertambah luas. Virus dan worm pun tak mau kalah dan terus berevolusi, memperbarui dirinya.

Dulu, virus maupun worm datang bergantian dalam waktu yang relatif cukup lama – dalam hitungan bulan. Sekarang, dalam sehari pun bisa lebih dari satu varian virus atau worm baru yang muncul. Kita pasti penasaran dengan sejarah awalnya virus. Bagaimana perkembangannya sampai bisa muncul varian-varian virus seperti yang ada sekarang, ya?

Konsep Neumann dan Game Core Wars

Awalnya adalah tahun 1949. Seorang ahli matematika asal Hungaria, John Von Neumann namanya, menggambarkan teorinya mengenai cara kerja sebuah program komputer yang bisa mereplikasi dirinya sendiri – sama seperti virus yang menyerang tubuh manusia, bisa mereplikasi dirinya sendiri. Pemikiran Neumann ini bisa dibaca dalam bukunya yang berjudul Theory and Organization of Complicated Robots.

Tahun 1950-an, muncullah nenek moyang virus-virus yang ada sekarang. Untuk menguji teori Neumann, sekelompok programmer menciptakan sebuah program aneh berupa game – namanya Core Wars. Game yang dibuat di Bell Labs ini bisa meng-generate program setiap kali ia dijalankan, bahkan ia bisa mencuri memori komputer-komputer pemain lawannya. Sebagai informasi, para pencipta Core Wars kemudian membuat program antivirus pertama, Reeper, yang bisa menghancurkan salinan-salinan program yang dibuat oleh game tersebut.

Yang Pertama Menyerang DOS

Kira-kira tahun 1983, salah satu dari antara para programmer pencipta Core Wars, Dr. Ken Thomson, memberi pernyataan pada sebuah majalah mengenai game tersebut – bagaimana cara kerja dan teknik serangannya. Inilah titik awal keberadaan virus komputer. Saat itu, sistem operasi yang paling diandalkan oleh masyarakat dunia adalah MS-DOS, sebuah sistem operasi yang dianggap kuat dan sangat diharapkan, namun sama seperti Windows saat ini, memiliki banyak celah pada sisi software-nya.

Tahun 1983, Fred Cohen memperkenalkan istilah virus untuk mendeskripsikan program komputer yang bisa menggandakan dirinya sendiri. Setelah itu, tahun 1985 menjadi tonggak sejarah munculnya Trojan pertama di dunia, sebuah aplikasi yang disebut dengan nama EGABTR dan sebuah game bernama Nuke-la.

Tahun 1986, DOS pernah menjadi target virus Brain, kode jahat yang berasal dari Pakistan, yang menginfeksi boot sector sebuah disk – isi disk yang terinfeksi tak akan bisa diakses oleh penggunanya.

Sejak saat itu, sepertinya muncul kesadaran dalam diri para pencipta virus: menginfeksi file-file dalam sistem bisa jadi sangat berbahaya bagi sistem tersebut. Tahun 1987, muncul Suriv-02, sebuah virus yang menginfeksi file-file COM dan membuka celah bagi virus Jerusalem atau Viernes 13 untuk masuk ke dalam sistem. Yang terparah di awal sejarah pervirusan terjadi pada tahun 1988, saat worm Morris muncul dan menginfeksi 6.000 komputer. Bayangkan saja, saat itu jumlah para pengguna komputer bisa dibilang masih sangat sedikit.

1988, Awal Serangan Secara Worldwide

Sejak tahun 1988 hingga tahun 1995, jenis-jenis kode jahat yang kita tahu pun mulai banyak berkembang – kita pun mulai mengenal seperti apa yang namanya virus macro atau virus polymorphic. Wabah serangan virus perlahan mulai muncul, contohnya adalah wabah MichaelAngelo. Pelan-pelan, seiring dengan perkembangan TI dan Internet, skenario penyerangan pun berubah menjadi bersifat worldwide, tipe serangannya diluncurkan melalui Internet dan e-mail.

Tahun 1988, muncul Stone, worm pertama yang menyebar lewat Internet, menyerang komputer-komputer di Amerika Serikat yang terhubung melalui jaringan. Virus Dark Avenger, muncul pada tahun 1989, adalah virus yang paling cepat penyebarannya.

Setelah Dark Avenger, tahun 1990 muncul virus polymorphic pertama. Setelah itu, tahun 1995, muncul WinWord Concept yang termasuk dalam kelas virus macro. Kemudian muncul virus Melissa yang juga termasuk dalam kelas macro. Era baru serangan virus komputer pun terjadi, virus merajalela di jagat Internet.

(Restituta Ajeng Arjanti, PCplus, April 2004)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home